14 Maret 2008

Wajah Ke-Kristenan 1000 Thn Mendatang (1)

Seperti apa Gereja Kristen 1000 tahun yang akan datang?

Jika seorang Kristiani saleh dari tahun 1000 Masehi dibawa ke ibadah pagi gereja progresif abad 21, si Kristiani abad pertengahan itu mungkin tidak akan mengenali iman Kristiani, tulis Kevin Kelly dalam isu terbaru majalah Willow – sebuah publikasi dari gereja berpengaruh di Amerika Serikat, Willow Creek Community Church.

Jadi adalah "masuk akal dan bertanggung-jawab jika mengharapkan perubahan di gereja Kristiani" di milenium mendatang, tulisnya.

Disamping akhir jaman akan terjadi pada periode kehidupan itu, Kelly mengemukakan lima skenario lainnya - atau cerita yang masuk akal mengenai seperti apa gereja 3000 Masehi.

Dan ia memperingatkan, "Jika Kristiani tidak menangkap masa depan, orang tidak percaya yang akan."

Skenario Satu

Pusat ke-Kristenan akan terus bergeser ke barat. Sejak jaman Kristus, pusat gravitas dari gereja Kristiani global secara mantap bergerak ke barat dari pusatnya di Yerusalem. Ke-Kristenan telah berpindah ke Armenia, Yunani, Roma, kemudian ke Eropa, dan ke barat lagi ke Amerika Utara dan Selatan.

Banyak laporan yang mengindikasikan bahwa pusat ke-Kristenan saat ini berada di Asia dan Afrika dimana populasi Kristiani meledak.

Namun Kelly berkata itu tidak akan berhenti cukup disana.

"Jika pergerakan barat bergerak seperti yang terjadi selama 2.000 tahun terakhir, pusat gravitas ke-Kristenan akan terus bermigrasi ke barat mencapai Asia Timur dan Tengah. Misionaris-misionaris baru yang berbasis di Asia pada abad mendatang akan menjangkau orang tidak percata di tempat kelahiran ke-Kristenan."

Pada akhirnya, episentrum ke-Kristenan akan mengelilingi bumi dan tiba kembali di tempat dimulainya yaitu di Yerusalem.

Itu berarti, "jikalau ke-Kristenan di AS tidak berkurang piciknya dan lebih global, apa yang akan terjadi pada ke-Kristenan 500 tahun mendatang hanya akan menjadi pertunjukan sampingan," tulis Kelly. "Peristiwa utama akan terjadi di tempat lain di bumi."

Skenario Dua

Varietas Kristiani, termasuk jumlah pengakuan dan denominasi, akan terus berkembang. Denominasi Kristiani bertumbuh dari 500 pada 1800-an sampai 40.000 pada 2007, kutip Kelly.

Dan tampaknya tidak ada yang akan menghentikan deversifikasi itu.

"Saat ada 72 macam saus mustard di supermarket, pilihan diterima," tulisnya. "Tidak ada kekuatan utama yang nampak di budaya kita yang akan bekerja melawan meningkatnya varietas dalam pendekatan Kristiani."

Skenario Tiga

Gereja-gereja di luar arus besar ke-Kristenan akan bertumbuh paling cepat. Pertumbuhan terbesar yang diharapkan dari kelompok-kelompok marginal gereja seperti itu adalah kaum Mormon dan Amish. Akan tetapi, pertumbuhan itu bukannya tanpa kritik. Gereja-gereja ini akan, dan beberapa sudah, dianggap sekte atau sesat oleh kaum ortodoks, kata Kelly.

Namun bagaimanapun juga, Kelly mengatakan "taruhan teraman pasti denominasi terbesar 1.000 tahun dari sekarang belum eksis saat ini."

Saat ini, gereja terbesar di Amerika Serikat adalah Gereja Lakewood di Houston, sebuah gereja nondenominasional yang memiliki 40.000 pengunjung tiap minggunya. Gereja itu didirikan pada tahun 1959.

Tidak ada komentar: